hantu kuntilanak

Mitos Hantu Kuntilanak

hantu kuntilanak

Setelah membaca judul artikel ini pastinya semua dari Anda semua sudah mengenal dan mengetahui tentang sosok gaib “Kuntilanak” ini. Namun ada beberapa hal yang tidak kalian semua ketahui tentang detail hantu Kuntilanak ini. Dan pada artikel kali ini marylandghosts.com akan coba mengulas apa saja tentang sosok mistis yang sering dibicarakan oleh masyarakat Indonesia, termasuk Anda sendiri juga. Mari kita simak bersama.

Asal Usul Sosok Hantu Kuntilanak

Secara umum, sosok gaib hantu Kuntilanak selalu dideskripsikan tentang sosok wanita cantik yang mempunyai rambut panjang serta berbaji panjang berwarna putih. Namun berdasarkan  kisah rakyat Melayu, sosok Kuntilanak ini malah digambarkan sebagai bentuk wanita cantik dengan punggung berlubang.

Sosok wanita gaib ini juga selalu menakuti warga kampung dalam arti mencari balas dendam kematiannya. Sosok ini pada saat muncul selalu diikuti dengan harumnya bunga kamboja yang terkenal dengan wanginya yang khas.

hantu kuntilanak

Menurut cerita warga kampung jaman dulu, jika seorang laki laki tidak waspada, maka dia bisa dibunuh oleh kuntianak yang berubah wujud menjadi sosok penghisap darah. Hantu Kuntilanak juga sering disebutkan menjelma dalam bentuk wanita cantik sendang berjalan sendirian dalam jalan yang sunyi. Namun cerita ini awalnya dibuat untuk menakuti pemuda kampung yang suka menggangu wanita ketika malam hari.

Dikenal dari Beberapa Sumber

Untuk hantu Kuntilanak ini selalu diceritakan dalam beberapa cerita daerah, diantaranya:

  • Berdasarkan cerita serta film Horror Malaysia

Sosok gaib Kuntianak ini digambarkan selalu membunuh dengan cara menghisap darah korban di bagian tengkuk, seperti Vampir.

  • Berdasarkan tradisi Melayu

Kuntianak menurut tradisi Sunda Melayu tidak mempunyai lubang dipunggung. Kuntilanak sendiri suka bertempat di pohon tertentu, yaitu pohon waru yang terkenal tumbuh dengan mirip ke samping atau sering disebut waru doyong.

  • Berdasarkan cerita warga Kalimantan

hantu kuntilanak

Menurut sumber masyarakat Kalimantan bahwa sosok gaib wanita kuntilanak ini merupakan cerita nyata warga pada jaman dahulu, dimana wanita tersebut meninggal setelah melahirkan. Hal itu juga diperkuat dengan adanya sejarahwan asal Belanda yang pernah menuliskan Buku “Borneos Wester Afdeling” tentang sejarah Pontianak yang didalamnya terdapat sosok gaib kuntianak.

Demikianlah artikel ini kami buat, terima kasih sudah mampir dan membaca artikel tentang sosok gaib Kuntilanak ini